Rabu, 14 Februari 2018

BATIK



https://assalikjogjatour.com/

Sudah puas mengelilingi Jogja . Kini , saatnya menutup kunjungan anda dengan berbelanja Batik .
Apasih Batik itu ? batik adalah teknik pewarnaan yang menggunakan malam sebagai perintang bahan pewarna pada kain (wax-resist dyeing). Mengacu pada motif dan pola, batik adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, dan memiliki motif-motif tertentu yang khas.
Yogyakarta dan batik memang tidak bisa dipisahkan. Selain sebagai oleh-oleh atau buah tangan, beberapa wisatawan membeli batik Yogyakarta sebagai koleksi mereka sendiri. Berbagai jenis merek, varian dan ragam batik bisa ditemukan di Yogyakarta.
Mulai dari baju batik, tas batik, hingga ke souvenir yang dibatik bisa Anda temui di kota ini. Buat Anda yang masih bingung dimana tempat beli batik murah di Yogyakarta, berikut kami sarikan 5 tempat beli batik murah di Yogyakarta yang sayang bila tidak Anda kunjungi :
1. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta. Selain ramai penjual batik, Pasar Beringharjo juga berjualan produk-produk lainnya sebagaimana pasar umum lainnya. Walaupun demikian tentu saja area penjualan batik menjadi salah satu area yang paling ramai dan berada pada tempat yang paling strategis.
Selain menyediakan batik dari berbagai sentra kerajinan batik yang ada di Yogyakarta, pasar Beringharjo juga menyediakan batik yang berasal dari kota sekitar seperti batik Solo dan Batik Pekalongan.  Jika Anda berbelanja batik di Pasar Beringharjo, pastikan untuk menawar barang yang Anda beli untuk mendapatkan harga terbaik
2. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro merupakan pusat kunjungan wisata di Yogyakarta. Dan Pasar Beringharjo juga berada di sepanjang jalan Malioboro. Walaupun demikian, selain di Pasar Beringharjo, di sepanjang Jalan Maliobor terdapat berbagai macam toko batik yang bisa Anda kunjungi.
Ada dua tempat berbelanja batik di sepanjang Malioboro yaitu berbelanja di pedagang-pedagang kecil yang ada diemperan jalan atau berbelanja di toko-toko batik. Sejumlah merek batik ternama memiliki gerai di Jalan Malioboro. Misalnya, Batik Keris, Batik Danarhadi, Batik Kencana Ungu dan berbagai toko batik lainnya. Tinggal Anda putuskan sendiri yang mana yang sesuai dengan budget dan selera Anda.
3. Mirota Batik
Mirota Batik adalah salah satu toko yang terdapat di ujung Jalan Malioboro persis di depan Pasar Beringharjo. Walau namanya Mirota Batik, toko tiga lantai ini tidak hanya menjual batik tetapi juga berbagai benda-benda unik yang bisa dijadikan oleh-oleh.
Tentu saja, mayoritas produk yang ada di toko ini adalah batik. Selain batik cap juga terdapat batik tulis. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan ibu-ibu sedang membatik di bagian dalam toko.
Harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal. Tetapi berbeda dengan di pasar Beringharjo yang bisa Anda tawar, di Mirota Batik berlaku fixed price.
4. Kampung Batik Ngasem
Beberapa sentra batik yang ada di Yogyakarta berada di Ngasem yaitu sebuah daerah tak jauh dari Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Biasanya abang-abang becak yang ada di sekitar Malioboro akan senang hati mengantarkan Anda menuju toko-toko yang ada di sekitar Ngasem.
5.  Desa Krebet
Desa Krebet adalah salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa ini terletak di Kabupaten Bantul, sehingga cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.
Anda bisa mengunjungi desa ini juga mencari produk-produk batik non kain, misalnya topeng batik, gelang batik atau sandal batik.  Desa ini mengusung tema sebagai sentra kerajinan kayu batik.
Mayoritas produk-produk itu dibuat dari kayu sengon, pule, dan mahoni. Salah satu keunggulannya dibandingkan membeli di toko adalah Anda bisa membuat proses pembuatannya.

Kata Kunci : Best Batik Gift From Yogyakarta Best Travel In The World

Tidak ada komentar:

Posting Komentar